1. Mampu mengungkapkan dan bertanya jawab tentang arah, lokasi, lingkungan sekitar, dan aktivitas harian;
2. Menemukan informasi yang berkaitan dengan arah, lokasi, lingkungan sekitar, dan aktivitas harian seperti iklan, peta, pengumuman, menu, dan jadwal; dan,
3. Menulis kalimat pendek dan sederhana yang berkaitan dengan arah, lokasi, dan aktivitas harian untuk pemenuhan kebutuhan.
Buku | Komputer | Foto |
Piring | Gelas | Gantungan Baju |
Pena | Sayur-mayur | Sendok |
Laptop | Baju | Air minum |
Sayur Mayur | |
Baju | |
..... | |
..... |
Sumber : https://www.google.com/
Ini gambar kamar tidur saya, di kamar saya ada banyak benda. Di sebelah kiri terdapat sebuah lemari yang berisikan baju-baju saya, lalu di sampingnya terdapat tempat tidur atau kasur di mana tempat saya untuk beristirahat, di bawahnya ada karpet, lalu di dekat karpet terdapat, meja dan kursi, di mana itu adalah tempat saya untuk belajar lalu terdapat juga di atas meja pot bunga dan di depannya itu ada jendela hordeng, di mana ketika saya belajar saya bisa melihat pemandangan, di sampingnya terdapat rak, rak itu berisikan buku pelajaran saya ataupun novel-novel yang saya koleksi, lalu di atasnya terdapat juga pot bunga.
Di samping : di sisi atau di sebelah
Di depan : di hadapan atau di muka
Di atas : di bagian (tempat) yang lebih tinggi
Di bawah : di bagian (tempat) yang lebih rendah
Teman saya Heni, minggu lalu mengundang saya ke rumahnya, untuk acara ulang tahunnya, saya melewati Jl. Baringin menuju Timur lalu menuju Selatan, lalu belok menuju Timur lagi ke Jl. Ekorkode Raya lalu saya menuju ke arah Selatan, menuju ke arah barat, ke Jl. Groza Raya lurus terus, lalu saya belok ke arah Selatan dan di sanalah lokasi rumah Heni berada.
Contoh :
Hari ini ada orang asing yang bertanya kepadaku, arah menuju Monas (Monumen Nasional).
Sumber : Dokumentasi Pribadi
Siti : Halo perkenalkan nama saya Siti.
Zaenab : Halo Siti, nama saya Zaenab, ada yang bisa saya bantu?
Siti : Maaf saya warga baru di sini, bolehkan saya bertanya ke arah mana jika saya ingin ke Monas?
Zaenab : Kamu menuju ke arah Barat lalu belok menuju arah Utara.
Siti : Terima kasih Zaenab. Apakah kamu tahu di mana letak tukang kerak telor?
Zaenab : Kamu hanya perlu menyebrang ke depan jalan lalu belok ke arah Timur.
Siti : Baiklah, Terima kasih ya Zaenab.
Perhatikan Penggunaan ungkapan dalam teks | |
---|---|
Ungkapan | Fungsi |
Bolehkah saya bertanya | Menanyakan sesuatu |
Maaf | Menyatakan permisi, menyatakan penyesalan |
Terima Kasih | Mengucapkan rasa syukur |
Ada yang bisa saya | Menanyakan sesuatu |
1. Tanyakan ada barang apa saja di kamarnya!
2. Tanyakan letak barang-barang itu!
3. Buat denahnya di dalam kotak ini!
1. Di Sebelah
2. Di Dekat
3. Di Samping
4. Di Antara
5. Di Atas
6. Di Bawah
7. Di Seberang
8. Di Sekitar
Sumber : google.com
Pada hari minggu sore kami sekeluarga pergi mengelilingi kota Jakarta, ayah yang mengendarai mobil pada hari itu. Kami keliling kota dari rumah menuju Monas (Monumen Nasional), kami berhenti di Monas untuk makan kerak telor, makanan khas dari Betawi Jakarta, tak jauh dari monas terdapat Perpustakaan Nasional yang sangat besar, dari Monas kami menuju ke Perpustakaan Nasional, kakak ku sangat senang membaca buku, ada banyak buku di sana, lalu kami pergi ke Kota Tua, hari itu cuaca sangat cerah, kami menaiki delman bersama-sama, selain delman di sana ada ondel-ondel, museum, dan banyak lagi. Pak Kusir membawa kami dari stasiun Jakarta kota ke museum, hari semakin malam kami sekeluarga memutuskan untuk pulang ke rumah, di perjalanan ayah tidak lupa untuk mengisi bensin mobil, lalu kulihat ada ondel-ondel di sebrang jalan. Hari ini sangat menyenangkan.
Perempatan
Pertigaan
Putaran
Belok Kanan
Jalan Lurus
Belok Kiri
Sumber : dokumentasi pribadi
6.11. Menguasai pengetahuan tentang penggunaan kata depan.
6.12. Menguasai pengetahuan tentang penggunaan kata kerja berimbuhan.
6.11.1. Menggunakan kata depan: di, ke, dari, pada dengan tepat.
6.12.1. Menggunakan kata kerja berimbuhan ber- beserta alomorfnya yang memiliki makna melakukan aktivitas, punya, dan pakai dengan tepat.
Nama lain dari kata depan adalah preposisi. Jenis kata ini biasanya diletakkan di depan atau sebelum kata benda, kata kerja, dan kata keterangan lain yang memiliki hubungan makna. Kata depan memiliki beragam fungsi yang berhubungan dengan makna dari kata yang mengikutinya.
Sumber : https://www.zenius.net/prologmateri/bahasa-indonesia/a/279/kata-depan
Perhatikan kalimat ini!
(1.) Kami jajan-jalan ke beberapa tempat di Jakarta.
(2.) Kami memulai perjalanan dari rumah Rozak.
(3.) Pada akhir bulan lalu saya berkunjung ke Yogyakarta.
Kita bisa menggunakan kata di, ke, dari, dan pada untuk menceritakan keberadaan dan tempat tujuan.
Kata | Fungsi |
---|---|
Di | untuk menandai tempat. |
Ke | untuk menandai arah atau tujuan. |
Dari | untuk menyatakan tempat permulaan. |
Pada | untuk menunjukan posisi tersebut atau di dalam hubungan dengan …: searti dengan di. |
Selanjutnya, perhatikan kalimat ini!
(1.) Di sana ada rumah sakit, sekolah, dan tempat makan.
(2.) Di sebelah kanan tempat makan ada sebuah toko buku.
(3.) ) Ada Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Indonesia, dan Universitas Islam Negeri Jakarta.
Anda dapat menggunakan kata ada untuk mengatakan keberadaan hal atau tempat.
(Mengerti)
(Bingung)
(Belum Mengerti)
Transjakarta memulai operasinya pada 15 Januari 2004, ditandai dengan peresmian Koridor 1, dengan tujuan memberikan jasa angkutan yang lebih cepat, nyaman, dan terjangkau bagi warga Jakarta. Sejak awal pengoperasian Transjakarta, harga tiket ditetapkan untuk disubsidi oleh pemerintah daerah. Dalam rangka sosialisasi dan pengenalan angkutan massal ini kepada masyarakat, pada 2 minggu pertama pengoperasiannya (15-30 Januari 2004) pengguna Transjakarta tidak dikenakan tarif. Mulai 1 Februari 2004, tarif Transjakarta mulai diberlakukan seharga Rp.2.000,00.
Pada tahun 2012, Dinas Perhubungan DKI Jakarta memutuskan untuk menaikkan tarif Transjakarta seharga Rp.3.500,00.Transjakarta Busway merupakan salah satu kendaraan yang menjadi ikon di Jakarta, karena memang transjakarta hanya melalu rute-rute Jakarta dan sekitarnya, Transjakarta dirancang sebagai moda transportasi massal pendukung aktivitas ibu kota yang sangat padat. Transjakarta merupakan sistem BRT dengan jalur lintasan terpanjang di dunia (230,9 km), serta memiliki 243 halte yang tersebar dalam 13 koridor (jalur), yang awalnya beroperasi dari pukul 05.00 - 22.00 WIB, dan kini beroperasi 24 jam di seluruh koridornya.
© Copyright 2021 By Fakultas Ilmu Pendidikan - Universitas Muhammadiyah Jakarta. All Rights Reserved.