Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi pada unit ini, pemelajar diharapkan dapat:

1. Mampu mengungkapkan dan bertanya jawab tentang arah, lokasi, lingkungan sekitar, dan aktivitas harian;

2. Menemukan informasi yang berkaitan dengan arah, lokasi, lingkungan sekitar, dan aktivitas harian seperti iklan, peta, pengumuman, menu, dan jadwal; dan,

3. Menulis kalimat pendek dan sederhana yang berkaitan dengan arah, lokasi, dan aktivitas harian untuk pemenuhan kebutuhan.

Prakegiatan

Bantu Rozak menyimpan barang-barangnya!
Di mana anda akan menyimpan barang-barang ini?
Buku Komputer Foto
Piring Gelas Gantungan Baju
Pena Sayur-mayur Sendok
Laptop Baju Air minum
Tuliskan jawaban yang tepat pada kotak di bawah ini, sesuai dengan penempatan benda masing-masing!
Sayur Mayur
Baju
.....
.....

Menyimak

Simaklah audio Zaenab mengenai kamar tidurnya!

Sumber : https://www.google.com/

Ini gambar kamar tidur saya, di kamar saya ada banyak benda. Di sebelah kiri terdapat sebuah lemari yang berisikan baju-baju saya, lalu di sampingnya terdapat tempat tidur atau kasur di mana tempat saya untuk beristirahat, di bawahnya ada karpet, lalu di dekat karpet terdapat, meja dan kursi, di mana itu adalah tempat saya untuk belajar lalu terdapat juga di atas meja pot bunga dan di depannya itu ada jendela hordeng, di mana ketika saya belajar saya bisa melihat pemandangan, di sampingnya terdapat rak, rak itu berisikan buku pelajaran saya ataupun novel-novel yang saya koleksi, lalu di atasnya terdapat juga pot bunga.

Kosakata

Di samping  : di sisi atau di sebelah

Di depan      : di hadapan atau di muka

Di atas         : di bagian (tempat) yang lebih tinggi

Di bawah     : di bagian (tempat) yang lebih rendah

Latihan 1

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
Zaenab akan pergi ke rumah temannya, simaklah audio di bawah ini bagaimana Zaenab berangkat dari rumahnya menuju lokasi!
Simaklah kembali audio di atas sambil membaca teks berikut ini!

Teman saya Heni, minggu lalu mengundang saya ke rumahnya, untuk acara ulang tahunnya, saya melewati Jl. Baringin menuju Timur lalu menuju Selatan, lalu belok menuju Timur lagi ke Jl. Ekorkode Raya lalu saya menuju ke arah Selatan, menuju ke arah barat, ke Jl. Groza Raya lurus terus, lalu saya belok ke arah Selatan dan di sanalah lokasi rumah Heni berada.

Latihan 2

Jawablah pertanyaan di bawah ini, pilih salah satu jawaban yang benar dengan memberikan tanda (x) pada pilihan a,b, c, dan d!

Contoh :

  • 1. Kemanakah Zaenab akan pergi?
  • A.   Rumah Rozak
  • B.   Rumah Heni
  • C.   Rumah Santi
  • D.   Rumah Doni

  • 2. Dari Jl. Baringin Zaenab menuju kea rah?
  • A.   Timur
  • B.   Utara
  • C.   Barat
  • D.   Selatan

  • 3. Apa yang dilakukan Zaenab ke rumah heni?
  • A.   Acara pernikahan
  • B.   Acara makan-makan
  • C.   Acara ulang tahun
  • D.   Acara belajar bersama

  • 4. Jalan apa yang di lalui Zaenab setelah melewati Jl. Erkode Raya?
  • A.   Jl. Baringin
  • B.   Jl. Sutanto
  • C.   Jl. Groza Raya
  • D.   Jl. Rambutan

  • 5. Berapa kali Zaenab melewati arah Timur ketika menuju rumah Heni?
  • A.   2
  • B.   3
  • C.   4
  • D.   5

Berbicara

Latihan 3

Praktikanlah dialog di bawah ini bersama teman Anda!
Menunjukkan jalan kepada orang lain

Hari ini ada orang asing yang bertanya kepadaku, arah menuju Monas (Monumen Nasional).


Sumber : Dokumentasi Pribadi

Siti      : Halo perkenalkan nama saya Siti.

Zaenab : Halo Siti, nama saya Zaenab, ada yang bisa saya bantu?

Siti      : Maaf saya warga baru di sini, bolehkan saya bertanya ke arah mana jika saya ingin ke Monas?

Zaenab : Kamu menuju ke arah Barat lalu belok menuju arah Utara.

Siti      : Terima kasih Zaenab. Apakah kamu tahu di mana letak tukang kerak telor?

Zaenab : Kamu hanya perlu menyebrang ke depan jalan lalu belok ke arah Timur.

Siti      : Baiklah, Terima kasih ya Zaenab.

Perhatikan Penggunaan ungkapan dalam teks
Ungkapan Fungsi
Bolehkah saya bertanya Menanyakan sesuatu
Maaf Menyatakan permisi, menyatakan penyesalan
Terima Kasih Mengucapkan rasa syukur
Ada yang bisa saya Menanyakan sesuatu

Latihan 4

Tanyakan letak barang-barang di kamar teman Anda, lalu buat denahnya! Ikuti langkah-langkah berikut!

1. Tanyakan ada barang apa saja di kamarnya!

2. Tanyakan letak barang-barang itu!

3. Buat denahnya di dalam kotak ini!

Denah Kamar Tidur

Setelah menggambar denahnya, beri penjelasan secara lisan! Gunakan kata-kata ini dalam penjelasan Anda!

1. Di Sebelah

2. Di Dekat

3. Di Samping

4. Di Antara

5. Di Atas

6. Di Bawah

7. Di Seberang

8. Di Sekitar

Membaca

Latihan 5

Bacalah cerita Zaenab jalan-jalan keliling Kota Jakarta!

Sumber : google.com

Jalan-jalan keliling Kota Jakarta

Pada hari minggu sore kami sekeluarga pergi mengelilingi kota Jakarta, ayah yang mengendarai mobil pada hari itu. Kami keliling kota dari rumah menuju Monas (Monumen Nasional), kami berhenti di Monas untuk makan kerak telor, makanan khas dari Betawi Jakarta, tak jauh dari monas terdapat Perpustakaan Nasional yang sangat besar, dari Monas kami menuju ke Perpustakaan Nasional, kakak ku sangat senang membaca buku, ada banyak buku di sana, lalu kami pergi ke Kota Tua, hari itu cuaca sangat cerah, kami menaiki delman bersama-sama, selain delman di sana ada ondel-ondel, museum, dan banyak lagi. Pak Kusir membawa kami dari stasiun Jakarta kota ke museum, hari semakin malam kami sekeluarga memutuskan untuk pulang ke rumah, di perjalanan ayah tidak lupa untuk mengisi bensin mobil, lalu kulihat ada ondel-ondel di sebrang jalan. Hari ini sangat menyenangkan.

Kosakata

Perempatan

Pertigaan

Putaran

Belok Kanan

Jalan Lurus

Belok Kiri

Latihan 6

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

Tata Bahasa

Tata Bahasa

Sumber : dokumentasi pribadi

Kompetensi:

6.11. Menguasai pengetahuan tentang penggunaan kata depan.

6.12. Menguasai pengetahuan tentang penggunaan kata kerja berimbuhan.


Indikator:

6.11.1. Menggunakan kata depan: di, ke, dari, pada dengan tepat.

6.12.1. Menggunakan kata kerja berimbuhan ber- beserta alomorfnya yang memiliki makna melakukan aktivitas, punya, dan pakai dengan tepat.

Kata Depan

Nama lain dari kata depan adalah preposisi. Jenis kata ini biasanya diletakkan di depan atau sebelum kata benda, kata kerja, dan kata keterangan lain yang memiliki hubungan makna. Kata depan memiliki beragam fungsi yang berhubungan dengan makna dari kata yang mengikutinya.

Sumber : https://www.zenius.net/prologmateri/bahasa-indonesia/a/279/kata-depan

Perhatikan kalimat ini!

(1.) Kami jajan-jalan ke beberapa tempat di Jakarta.

(2.) Kami memulai perjalanan dari rumah Rozak.

(3.) Pada akhir bulan lalu saya berkunjung ke Yogyakarta.

Kita bisa menggunakan kata di, ke, dari, dan pada untuk menceritakan keberadaan dan tempat tujuan.

Kata Fungsi
Di untuk menandai tempat.
Ke untuk menandai arah atau tujuan.
Dari untuk menyatakan tempat permulaan.
Pada untuk menunjukan posisi tersebut atau di dalam hubungan dengan …: searti dengan di.

Selanjutnya, perhatikan kalimat ini!

(1.) Di sana ada rumah sakit, sekolah, dan tempat makan.

(2.) Di sebelah kanan tempat makan ada sebuah toko buku.

(3.) ) Ada Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Indonesia, dan Universitas Islam Negeri Jakarta.

Anda dapat menggunakan kata ada untuk mengatakan keberadaan hal atau tempat.

Setelah mempelajari dan mengerjakan kegiatan-kegiatan di atas isilah karakter di bawah ini dengan memberikan tanda centang (√) pada kolom mengerti, bingung atau belum mengerti kemudian berikan alasannya!

(Mengerti)

(Bingung)

(Belum Mengerti)

Potret Indonesia

Transjakarta memulai operasinya pada 15 Januari 2004, ditandai dengan peresmian Koridor 1, dengan tujuan memberikan jasa angkutan yang lebih cepat, nyaman, dan terjangkau bagi warga Jakarta. Sejak awal pengoperasian Transjakarta, harga tiket ditetapkan untuk disubsidi oleh pemerintah daerah. Dalam rangka sosialisasi dan pengenalan angkutan massal ini kepada masyarakat, pada 2 minggu pertama pengoperasiannya (15-30 Januari 2004) pengguna Transjakarta tidak dikenakan tarif. Mulai 1 Februari 2004, tarif Transjakarta mulai diberlakukan seharga Rp.2.000,00.


Pada tahun 2012, Dinas Perhubungan DKI Jakarta memutuskan untuk menaikkan tarif Transjakarta seharga Rp.3.500,00.Transjakarta Busway merupakan salah satu kendaraan yang menjadi ikon di Jakarta, karena memang transjakarta hanya melalu rute-rute Jakarta dan sekitarnya, Transjakarta dirancang sebagai moda transportasi massal pendukung aktivitas ibu kota yang sangat padat. Transjakarta merupakan sistem BRT dengan jalur lintasan terpanjang di dunia (230,9 km), serta memiliki 243 halte yang tersebar dalam 13 koridor (jalur), yang awalnya beroperasi dari pukul 05.00 - 22.00 WIB, dan kini beroperasi 24 jam di seluruh koridornya.

© Copyright 2021 By Fakultas Ilmu Pendidikan - Universitas Muhammadiyah Jakarta. All Rights Reserved.