Pemelajar mampu memahami dan menggunakan ungkapan konteks perkenalan diri dan pemenuhan kebutuhan konkret sehari-hari dan rutin dengan cara sederhana untuk berkomunikasi dengan mitra tutur yang sangat kooperatif.
Unit/Topik | Tujuan Komunikasi | Keterampilan Bahasa | Pengetahuan Kebahasaan | Potret Indonesia | |||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Mendengarkan | Berbicara | Membaca | Menulis | ||||
UNIT 1 - Perkenalan |
1. Mampu menjelaskan istilah dalam memperkenalkan diri, 2. Mampu merangkai kata dalam memperkenalkan diri dan mengungkapkannya secara lisan. |
2.1.3 Mengidentifikasi isi hasil dengaran yang berkaitan dengan identitas diri. 2.2.2 Mengidentifikasi kata dan frasa yang berkaitan dengan identitas diri dari tuturan dalam konteks perkenalan yang didengarnya. |
3.1.2 Mengungkapkan kalimat sederhana yang berkaitan dengan informasi pribadi dan orang lain: nama, alamat, pekerjaan, negara asal, keluarga, dan lain-lain. 3.1.3 Menggunakan ungkapan/kalimat perkenalan yang berisi informasi pribadi (nama, alamat, pekerjaan, negara asal, keluarga, dan lain-lain) secara lisan. |
4.1.1 Mengidentifikasi fungsi sosial dan tujuan teks sederhana. 4.1.2 Membaca nyaring teks deskriptif pendek dan sederhana berkaitan dengan informasi pribadi: nama, alamat, pekerjaan, negara asal, keluarga, dan lain-lain. |
5.2.3 Menulis kalimat pendek dan sederhana yang berkaitan dengan arah, lokasi, dan aktivitas harian untuk pemenuhan kebutuhan konkret. 5.3.2 Menggunakan kata dan frasa yang berkaitan dengan arah, lokasi, lingkungan sekitar, dan aktivitas harian melalui bahasa tulis secara sederhana. |
Menguasai pengetahuan tentang penggunaan kata ganti orang dan pengetahuan tentang struktur frasa benda. |
Budaya berkenalan orang Indonesia |
UNIT 2 - Keluarga |
1. Mampu menjelaskan istilah dalam keluarga, dan 2. Mampu membuat silsilah keluarga dan menjelaskan secara lisan. |
2.1.2 Mengidentifikasi ungkapan sederhana dari orang yang dikenal maupun tidak dikenal yang berbicara secara jelas. 2.3.1 mengidentifikasi fungsi sosial dan tujuan ungkapan sederhana dalam dalam kegiatan sehari-hari di lingkungan sekitar. |
3.3.1 Mampu merespon ungkapan yang sederhana jika orang lain berbicara kepadanya. 3.3.2 Menggunakan kata dan frasa yang sesuai dengan pertanyaan atau konteks pembicaraan. |
4.3.1 Mengidentifikasi fungsi sosial dan tujuan teks surat. 4.3.2 Menentukan informasi penting pada teks surat. |
5.1.1 Mengisi informasi yang relevan pada borang/formulir yang berkaitan dengan nama, alamat, pekerjaan, negara asal dan lain-lain. 5.2.2 Menggunakan kata dan frasa menjadi kalimat yang berkaitan dengan identitas diri. |
Menguasai kata ganti petunjuk umum (ini,itu), dan penunjuk tempat (sana, sini). |
Palang Pintu Betawi |
UNIT 3 - Aktivitas Harian |
1. Mampu menyebutkan kosakata yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari, 2. Menjelaskan secara lisan kegiatan sehari-hari diri sendiri dan orang lain, 3. Menulis paragraf mengenai kegiatan sehari-hari. |
2.2.2 Mampu mengenali kata dan frasa sederhana yang berkaitan dengan arah, lokasi, lingkungan sekitar, dan aktivitas harian. 2.2.3 Mengidentifikasi kata dan frasa yang berkaitan dengan arah, lokasi, lingkungan sekitar, dan aktivitas sehari-hari dari tuturan yang didengarnya. |
3.2.2 Menggunakan kalimat tanya yang berkaitan dengan informasi arah, lokasi, lingkungan sekitar, dan aktivitas sehari-hari. 3.3.3 Menggunakan kalimat/ungkapan sederhana dalam menjawab pertanyaan. |
4.3.1 Mengidentifikasi fungsi sosial dan tujuan teks sederhana yang berkaitan dengan aktivitas seharihari (iklan, peta, pengumuman, menu, dan jadwal). 4.3.2 Menentukan informasi penting pada teks pendek sederhana. |
5.2.3 Menulis kalimat pendek dan sederhana yang berkaitan dengan arah, lokasi, dan aktivitas harian untuk pemenuhan kebutuhan konkret. 5.3.2 Menggunakan kata dan frasa menjadi kalimat yang berkaitan dengan arah, lokasi, dan aktivitas sehari-hari. |
Mampu menggunakan kata hubung penambahan: dan, lalu atau |
Tari Nandak Ganjen |
UNIT 4 - Arah Letak |
1. Mampu mengungkapkan dan bertanya jawab tentang arah, lokasi, lingkungan sekitar, dan aktivitas harian; 2. Menemukan informasi yang berkaitan dengan arah, lokasi, lingkungan sekitar, dan aktivitas harian seperti iklan, peta, pengumuman, menu, dan jadwal; dan, 3. Menulis kalimat pendek dan sederhana yang berkaitan dengan arah, lokasi, dan aktivitas harian untuk pemenuhan kebutuhan. |
2.1.1 Menyebutkan ulang kata yang berkaitan dengan arah, lokasi, lingkungan sekitar, dan aktivitas sehari-hari dengan menggunakan kalimat sederhana. 2.1.3 Mengidentifikasi isi hasil dengaran yang berkaitan dengan arah, lokasi, lingkungan sekitar, dan aktivitas sehari-hari. |
3.1.3 Menggunakan ungkapan/kalimat mengenai arah, lokasi, lingkungan sekitar, dan aktivitas harian. 3.2.3 Menjelaskan arah, lokasi, lingkungan sekitar, dan aktivitas sehari-hari dengan menggunakan kalimat sederhana. |
4.2.1 Mengenal kata yang berkaitan dengan arah, lokasi, lingkungan sekitar, dan aktivitas harian seperti iklan, peta, pengumuman, menu, dan jadwal. 4.2.2 Mengidentifikasi gagasan utama dan informasi detail dari teks pendek/sederhana yang dibaca. |
5.2.3 Membuat kalimat teks deskripsi pendek dan sederhana, melalui surat pribadi. 5.3.1 Memilih kata dan frasa yang tepat untuk teks deskripsi. |
Menggunakan kata dan frasa yang tepat untuk menulis teks deskripsi melalui surat pribadi. |
Transjakarta. |
UNIT 5 - Transportasi |
1. Mengenali jenis-jenis transportasi di Indonesia, 2. Mengidentifikasi informasi berkaitan dengan transportasi berdasarkan simakan dan bacaan. 3. Berkomunikasi secara lisan dan tertulis tentang pengalaman menggunakan transportasi. |
2.1.3 Mengidentifikasi isi hasil dengaran berkaitan dengan penggunaan transportasi. 2.3.3 Mengidentifikasi makna/maksud ungkapan sederhana dari tuturan yang didengarnya. |
3.2.3 Menjelaskan kan jenis alat transportasi yang pernah digunakan secara lisan, 3.3.2 Menggunakan kata dan frasa yang sesuai dengan konteks pembicaraan. |
4.1.2 Membaca nyaring teks dialog yang berhubungan dengan fungsi dari transportasi, 4.2.3 Mengidentifikasi gagasan utama dan informasi detail dari teks pendek yang dibaca. |
5.2.1 Menggunakan kata dan frasa berkaitan dengan transportasi. 5.2.3 Mampu menulis kalimat pendek dan sederhana yang berkaitan dengan transportasi. |
Mampu menguasai pengetahuan tentang kata keterangan. |
Becak |
UNIT 6 - Rekreasi |
1. Mengenali tempat-tempat wisata di Indonesia secara umum, 2. Mengidentifikasi informasi terkait topik dalam bacaan, 3. Mengidentifikasi kata sifat yang terkait konteks dalam bacaan dan simakan |
2.1.2 Mengidentifikasi kata dan frasa sederhana berkaitan dengan tempat rekreasi di Indonesia, 2.1.3 Mengidentifikasi isi hasil dengaran yang berkaitan dengan tempat wisata. |
3.1.2 Menggunakan kalimat pertanyaan mengenai pengalaman saat berekreasi, 3.2.1 Menggunakan kata dan frasa yang berkaitan dengan tempat rekreasi. |
4.1.1 Mengidentifikasi fungsi sosial dan tujuan teks sederhana, 4.1.2 Membaca nyaring teks deskriptif sederhana berkaitan dengan tempat rekreasi. |
5.2.3 Membuat kalimat sederhana yang berkaitan dengan pengalaman selama perjalanan berekreasi, 5.3.1 Memilih kata dan frasa yang tepat untuk teks deskriptif melalui kalimat. |
Mampu menggunakan kosa kata yang tepat dalam mengekspresikan diri. |
Gedung Sate Bandung |
UNIT 7 - Budaya Betawi |
1. Mengenali jenis kebudayaan Betawi, 2. Mengetahui kosakata yang berkaitan dengan kebudayaan Betawi, 3. Menjelaskan informasi yang berkaitan dengan kebudayaan Betawi. |
2.2.3 Mengidentifikasi isi hasil dengaran berkaitan dengan budaya Betawi, 2.3.3 Mengidentifikasi makna/maksud dari hasil dengaran. |
3.1.1 Menggunakan kosa kata yang berkaitan dengan kuliner khas Betawi. 3.1.2 Menggunakan kalimat tanya yang berkaitan dengan kuliner khas Betawi. |
4.1.2 Membaca nyaring teks deskriptif sederhana berkaitan dengan alat musik khas Betawi. 4.1.3 Melafalkan kata dan frasa yang berkaitan dengan alat musik khas Betawi. |
5.3.1 Memilih kata dan frasa yang tepat untuk teks deskriptif. 5.3.2 Menggunakan kata dan frasa yang tepat untuk menulis teks deskriptif. |
Mampu mengenal keberagaman kebudayaan Betawi. |
Jawara dan Silat |
Abjad yang dipakai dalam ejaan Bahasa Indonesia terdiri dari 26 huruf.
No. | Huruf | Nama | Bunyi | |
---|---|---|---|---|
Kapital | Nonkapital | |||
1. | A | a | A | A |
2. | B | b | Be | Bé |
3. | C | c | Ce | Ce |
4. | D | d | De | Dé |
5. | E | e | E | É |
6. | F | f | Ef | Éf |
7. | G | g | Ge | Gé |
8. | H | h | Ha | Ha |
9. | I | i | I | I |
10. | J | j | Je | Jé |
11. | K | k | Ka | Ka |
12. | L | l | El | Él |
13. | M | m | Em | Ém |
14. | N | n | En | Én |
15. | O | o | O | O |
16. | P | p | Pe | Pé |
17. | Q | q | Ki | Ki |
18. | R | r | Er | Ér |
19. | S | s | Es | És |
20. | T | t | Te | Té |
21. | U | u | U | U |
22. | V | v | Ve | Vé |
23. | W | w | We | Wé |
24. | X | x | Exs | Éks |
25. | Y | y | Ye | Yé |
26. | Z | z | Zet | Zét |
Huruf yang melambangkan vokal dalam bahasa Indonesia terdiri atas lima huruf, yaitu a, e, i, o, dan u.
No. | Huruf Vokal | Contoh Pemakaian dalam Kata | ||
---|---|---|---|---|
Awal | Tengah | Akhir | ||
1. | A | Ayam | Padi | Lusa |
2. | E | Enak | Petak | Sore |
3. | I | Itu | Simpan | Murni |
4. | O | Oleh | Kota | Radio |
5. | U | Ulang | Bumi | Ibu |
Huruf yang melambangkan konsonan dalam bahasa Indonesia terdiri atas 21 huruf, yaitu b, c, d, f, g, h, j, k, l, m, n, p, q, r, s, t, v, w, x, y, dan z.
No. | Huruf Konsonan | Contoh Pemakaian dalam Kata | ||
---|---|---|---|---|
Awal | Tengah | Akhir | ||
1. | B | Bahasa | Sebut | Adab |
2. | C | Cakap | kaca | - |
3. | D | Dua | ada | abad |
4. | F | Fakir | kafan | maaf |
5. | G | Guna | tiga | gudeg |
6. | H | Hari | saham | tuah |
7. | J | Jalan | manja | mikraj |
8. | K | Kami | paksa | politik |
9. | L | Lekas | alas | akal |
10. | M | Maka | kami | diam |
11. | N | Nama | tanah | daun |
12. | P | Pasang | apa | siap |
13. | Q | Qariah | iqra | - |
14. | R | Raih | bara | putar |
15. | S | Sampai | asli | tangkas |
16. | T | Tali | mata | rapat |
17. | V | Variasi | lava | Molotov |
18. | W | Wanita | hawa | takraw |
19. | X | Xenon | - | - |
20. | Y | Yakin | payung | - |
21. | Z | Zeni | lazim | juz |
Di dalam bahasa Indonesia terdapat empat diftong yang dilambangkan dengan gabungan huruf vokal ai, au, ei, dan oi.
No. | Huruf Diftong | Contoh Pemakaian Dalam Kata |
---|---|---|
1. | ai | tirai, pandai |
2. | au | kerbau, harimau |
3. | ei | survei |
4. | oi | boikot, amboi |
Ada beberapa kata dalam bahasa Indonesia yang mengandung gabungan dua vokal yang sama, di antaranya sebagai berikut.
No. | Contoh Kata | Pengucapan |
---|---|---|
1. | Maaf | Ma-af |
2. | Pekerja | Pekerja-an |
Gabungan huruf konsonan kh, ng, ny, dan sy melambangkan satu bunyi konsonan.
No. | Huruf Vokal | Contoh Pemakaian Dalam Kata | ||
---|---|---|---|---|
Awal | Tengah | Akhir | ||
1. | kh | Khusus | Akhir | Tarikh |
2. | ng | Ngarai | Bangun | Senang |
3. | ny | Nyata | Banyak | - |
4. | sy | Syarat | Musyawarah | Arasy |
Selain gabungan dua konsonan bahasa Indonesia juga memiliki kata yang mengandung gabungan tiga konsonan yang merupakan serapan dari bahasa asing, di antaranya adalah sebagai berikut:
Contoh Kata | Pengucapan |
---|---|
Makhluk | Makh-luk |
Ikhlas | Ikh-las |
Konstruksi | Kon-struk-si |
Instrumen | In-stru-men |
Selain itu, bahasa Indonesia juga memiliki beberapa kata yang mengandung gabungan tiga konsonan (ngg), di antaranya adalah sebagai berikut:
Contoh Kata | Pengucapan |
---|---|
Bangga | Bang-ga |
Ganggu | Gang-gu |
Genggam | Geng-gam |
Belenggu | Be-leng-gu |
Penggal | Peng-gal |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Satu | Dua | Tiga | Empat | Lima | Enam | Tujuh | Delapan | Sembilan |
11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Sebelas | Dua belas | Tiga belas | Empat belas | Lima belas | Enam belas | Tujuh belas | Delapan belas | Sembilan belas |
10 | 20 | 30 | 40 | 50 | 60 | 70 | 80 | 90 |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Sepuluh | Dua puluh | Tiga puluh | Empat puluh | Lima puluh | Enam puluh | Tujuh puluh | Delapan puluh | Sembilan puluh |
100 | 200 | 300 | 400 | 500 | 600 | 700 | 800 | 900 |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Seratus | Dua ratus | Tiga ratus | Empat ratus | Lima ratus | Enam ratus | Tujuh ratus | Delapan ratus | Sembilan ratus |
1000 | 2000 | 3000 | 4000 | 5000 | 6000 | 7000 | 8000 | 9000 |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Seribu | Dua ribu | Tiga ribu | Empat ribu | Lima ribu | Enam ribu | Tujuh ribu | Delapan ribu | Sembilan ribu |
100.000 | 200.000 | 300.000 | 400.000 | 500.000 | 600.000 | 700.000 | 800.000 | 900.000 |
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Seratus ribu | Dua ratus ribu | Tiga ratus ribu | Empat ratus ribu | Lima ratus ribu | Enam ratus ribu | Tujuh ratus ribu | Delapan ratus ribu | Sembilan ratus ribu |
1.000.000 | 1.000.000.000 |
---|---|
Satu (se) juta | Satu (se) Milyar |
Ke-1 | Ke-17 | Ke-25 | Ke-100 |
---|---|---|---|
Kesatu | Ketujuh belas | Kedua puluh lima | Keseratus |
No. | Bulan |
---|---|
1. | Januari |
2. | Februari |
3. | Maret |
4. | April |
5. | Mei |
6. | Juni |
7. | Juli |
8. | Agustus |
9. | September |
10. | Oktober |
11. | November |
12. | Desember |
No. | Hari |
---|---|
1. | Senin |
2. | Selasa |
3. | Rabu |
4. | Kamis |
5. | Jum'at |
6. | Sabtu |
7. | Minggu |
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
© Copyright 2021 By Fakultas Ilmu Pendidikan - Universitas Muhammadiyah Jakarta. All Rights Reserved.