1. Mampu menyebutkan kosakata yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari,
2. Menjelaskan secara lisan kegiatan sehari-hari diri sendiri dan orang lain,
3. Menulis paragraf mengenai kegiatan sehari-hari.
1. Bangun Tidur | 2. Sekolah |
---|---|
Sumber : google.com |
Sumber : Dokumentasi Pribadi |
3. Latihan Menari | 4. Tidur |
Sumber : google.com |
Sumber : google.com |
Apakah Anda mendengar hal-hal ini? Lingkari kegiatan yang Anda dengar!
Bangun Tidur
Kuliah
Mengaji
Mandi
Menari
Makan Malam
Sarapan
Cuci Baju
Tidur
Setiap hari saya bangun pagi. Kemudian, saya solat subuh lalu mandi. Setelah itu, saya sarapan. Saya lalu berangkat ke sekolah. Setelah pulang dari sekolah biasanya saya pergi ke sanggar tari, disana saya belajar menari tarian khas daerah suku Betawi, yaitu tarian lenggang nyai, tari nandak ganjen, tari zavin Betawi, tari topeng, tari sirih kuning dan tarian lainnya. Setelah selasai dari kegiatan menari kemudian saya pulang ke rumah, sesampainya di rumah saya beristirahat sejenak. Setelah itu saya membantu Ibu menyiapkan hidangan untuk makan malam. Menjelang magrib biasanya saya bersiap-siap untuk salat magrib dan mengaji di surau dekat rumah. Setelah kegiatan mengaji saya kembali ke rumah untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru di sekolah. Setelah selesai saya lekas tidur.
No. | Pernyataan | Benar | Salah |
---|---|---|---|
1. | Zaenab bangun pagi | ||
Pernyataan yang benar : Zaenab bangun pagi. | |||
2. | Zaenab berangkat ke sekolah. | ||
Pernyataan yang benar : | |||
3. | Zaenab pergi ke sangggar tari. | ||
Pernyataan yang benar : | |||
4. | Zaenab belajar menari tarian khas suku Sunda. | ||
Pernyataan yang benar : | |||
5. | Zaenab membantu Ayah menyiapkan hidangan untuk makan malam. | ||
Pernyataan yang benar : | |||
6. | Zaenab mengaji di surau dekat rumah. | ||
Pernyataan yang benar : |
Urutan No. | Kegiatan |
---|---|
Zaenab berangkat ke sekolah. | |
Zaenab Sarapan. | |
Zaenab salat subuh mandi. | |
Zaenab pergi ke sanggar tari. | |
1. | Zaenab bangun pagi. |
Zaenab mengaji disurau dekat rumah. | |
Zaenab lekas tidur. | |
Zaenab membantu ibu. | |
Zaenab beristirahat sejenak. |
Halo teman-teman, nama saya Rozak. Saya akan menceritakan kegiatan sehari-hari saya, pada pagi hari saya bangun pukul 04.00 kemudian saya salat subuh lalu mandi, pukul 06.00 saya sarapan dan saya lalu berangkat ke sekolah, sesampainya disekolah pukul 06.45. Kegiatan pembelajaran di sekolah dimulai pada pukul 07.00 dan diakhiri pada pukul 11.30. setelah pulang sekolah saya biasanya salat zuhur di musolah sekolah dan dilanjutkan dengan makan siang di kantin. Kemudian saya pulang ke rumah, saya tiba di rumah pukul 14.00, namun jika di jalanan macet saya bisa tiba di rumah sampai dengan pukul 15.00 – 16.00. Sesampainya di rumah saya beristirahat sejenak dan tidur siang. Sore hari biasanya saya berlatih pencak silat dengan teman-teman di lingkungan tempat tinggal saya, pencak silat adalah salah satu jenis olah raga bela diri yang berasal dari suku Betawi. Setelah itu saya mandi dan salat ashar. Malam harinya saya salat magrib dan mengaji. setelah itu saya makan malam pukul 19.30 kemudian pukul 19.45 saya salat isya, pukul 20.00 – 21.00 saya mengerjakan pekerjaan rumah. Setelah selesai, saya lekas tidur.
Zaenab : “Rozak, bulan depan mau liburan kemana?”
Rozak : “Aku mau berwisata ke Pulau Seribu.”
Zaenab : “Di mana itu?”
Rozak : “Pulau Seribu ada di Jakarta?”
Zaenab : “Apa saja tempat menarik di Jakarta selain Pulau Seribu?”
Rozak : “Ada Taman Mini Indonesia Indah, Monumen Nasional, Pantai Ancol, Pasar Tanah Abang dan masih banyak lagi.”
Zaenab : “Wah, semoga liburanmu menyenangkan ya.”
Rozak : “Terima kasih Zaenab.”
Urutan Kegiatan | Pukul | Kegiatan |
---|---|---|
1. | ||
2. | ||
3. | ||
4. | ||
5. | ||
6. | ||
7. | ||
8. | ||
9. | ||
10. |
Hai, saya Rozak. Saya akan bercerita tentang kegiatan harian saya. Pada pagi hari biasanya saya bangun tidur pukul 04.00. Setelah salat subuh, saya mandi setelah itu saya sarapan pukul 06.00 kemudian bergegas untuk pergi ke sekolah. Saya sekolah setiap hari senin sampai dengan hari jumat pukul 07.00 – 11.00.
Saya tidak pernah terlambat sampai di sekolah. Di sekolah saya mengikuti kegiatan ekstrakulikuler bela diri yaitu pencak silat, pencak silat termasuk kedalam olahraga bela diri yang khas dari suku Betawi. Selesai sekolah saya pulang ke rumah. Saya biasanya sampai rumah pukul 15.00. Jika jalanan macet, kadang-kadang saya sampai di rumah pukul 16.00.
Sesampainya di rumah saya beristirahat sejenak kemudian saya melakukan pekerjaan rumah. Pada malam hari biasanya saya mengaji bersama orang tua saya. Saya tidur pukul 21.00. Pada akhir pekan saya sering pergi bertamasya bersama keluarga ke tempat-tempat wisata yang ada di Jakarta misalnya sepeti ke Taman Mini Indonesia Indah, Ancol, Pulau Seribu, Monumen Nasional dan lain sebagainya.
1. Sekolah | 2. Pencak Silat | 3. Rumah |
---|---|---|
Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/SMA_Negeri_10_Padang |
Sumber : https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3629129/5-manfaat-sehat-rutin-latihan-silat-beksi-bela-diri-khas-betawi |
Sumber : https://blokbetawi.wordpress.com/2017/08/10/falsafah-dibalik-bentuk-ornamen-rumah-betawi/ |
4. Mengaji | 5. Monumen Nasional | 6. Macet |
Sumber : https://www.tribunnews.com/nasional/2017/04/19/nusantara-mengaji-gelar-khataman-al-quran-bersama-para-napi-besok |
Sumber : https://penerbitbukudeepublish.com/makna-buku-adalah-jendela-dunia/ |
Sumber : https://www.otosia.com/berita/pemprov-dki-jakarta-siapkan-3-strategi-untuk-atasi-macet.html |
Sekolah | lembaga untuk para siswa pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. |
---|---|
Pencak Silat | kepandaian berkelahi, seni bela diri khas Indonesia dengan ketangkasan membela diri dan menyerang untuk pertandingan atau perkelahian. |
Rumah | adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu, rumah bisa menjadi tempat tinggal manusia maupun hewan, tetapi untuk istilah tempat tinggal yang khusus bagi hewan adalah sangkar, sarang, atau kandang. |
Mengaji | mendaras (membaca) Alquran; belajar membaca tulisan Arab. |
Monumen Nasional | bangunan atau tempat yang mempunyai nilai sejarah yang penting dan karena itu dipelihara dan dilindungi negara. |
Macet | terhenti, tidak lancar. |
1. Rozak biasanya sarapan sebelum mandi di pagi hari. (…………)
2. Rozak selalu tiba di sekolah tepat waktu. (…………)
3. Saat Rozak pulang sekolah, jalanan selalu macet. (…………)
4. Rozak adalah anak yang rajin mengaji. (…………)
5. Hari Sabtu dan Minggu, Rozak sering bertamasya bersama teman-temannya. (…………)
Sumber : dokumentasi pribadi
6.14: Menguasai pengetahuan tentang penggunaan kata hubung.
6.15. Menguasai pengetahuan tentang penggunaan kosa kata yang berhubungan dengan topik umum.
6.14.1. Menggunakan kata hubung penambahan: dan, atau, lalu.
6.15.1. Menggunakan kosa kata profesi dan tempat bekerja, daerah asal, benda sekitar, angka, kekerabatan inti, hari, tanggal, bulan, tahun, makanan, minuman, rasa, tempat makan (restoran, warung, kantin), transportasi, lalu lintas: perempatan, pertigaan, putaran, persimpangan, nama-nama anggota tubuh, berbelanja dan menawar, kata kerja aktivitas harian dengan tepat.
Kata hubung atau kata sambung didefinisikan sebagai kata yang terkait atau ekspresi antara kata, antara kalimat, antara klausa dan antara frasa. Dengan demikian kita dapat menyimpulkan bahwa kata hubung ialah penghubung atau konjungsi antara kalimat dan kata.
No. | Jenis | Contoh |
---|---|---|
1. | Kata hubung penambahan: kata hubung penambahan adalah kata hubung yang menyatakan penambahan. |
Contoh kata: dan, atau, lalu. 1. Rozak dan Zaenab pergi ke sekolah 2. Zaenab harus memilih pergi berlibur ke Ancol Atau Monumen Nasional./p> 3. Sesampainya di rumah Rozak langsung makan siang lalu kemudian beristirahat sejenak . |
Menggunakan kosa kata profesi dan tempat bekerja, daerah asal, benda sekitar, angka, kekerabatan inti, hari, tanggal, bulan, tahun, makanan, minuman, rasa, tempat makan (restoran, warung, kantin), transportasi, lalu lintas: perempatan, pertigaan, putaran, persimpangan, transportasi, lalu lintas: perempatan, pertigaan, putaran, persimpangan, nama-nama anggota tubuh, berbelanja dan menawar, kata kerja aktivitas harian dengan tepat.
No. | Penggunaan Kosakata | Contoh Kalimat |
---|---|---|
1. | Profesi | Ayah saya adalah seorang Dokter. |
2. | Tempat Kerja | Ayah saya bekerja di Rumah Sakit. |
3. | Daerah Asal | Saya berasal dari Boyolali. |
4. | Benda Sekitar | Buku itu tertata rapih di perpustakaan. |
5. | Angka | Tas itu harganya lima ratus ribu rupiah. |
6. | Kekerabatan Inti | Saya sangat menyayangi anak dan istri saya. |
7. | Hari | Hari senin Ibu akan pergi ke Bandung. |
8. | Tanggal | Tanggal 23 Januari adalah hari ulang tahunku. |
9. | Bulan | Ujian akhir semester akan dilaksanakan pada bulan September. |
10. | Tahun | Saya lahir pada tahun 1994. |
11. | Makanan | Ketupat sayur ini rasanya sangat enak. |
12. | Minuman | Bir pletok merupakan minuman khas dari Suku Betawi. |
13. | Rasa | Ketupat sayur ini rasanya sangat enak. |
14. | Tempat makan (restoran, warung, kantin) | Saya biasa makan siang di kantin. |
15. | Transportasi, lalu lintas: perempatan, pertigaan, putaran, persimpangan | Mobil angkutan itu melewati rute pertigaan Jalan Gatot Subroto. |
16. | Nama-nama anggota tubuh | Kepala ku rasanya sangat pusing sekali. |
17. | Berbelanja dan menawar |
A: “Berapa harga bawangnya bu?” B: “Harganya lima belas ribu perkilo nya mba” A:”Wah, mahal sekali.. apa tidak bisa kurang harganya?” |
18. | Kata kerja aktivitas harian dengan tepat | Dia mengabarkan kepada kami bahwa Ibunya sedang sakit. |
(Mengerti)
(Bingung)
(Belum Mengerti)
Sumber : https://id.wikipedia.org/
Salah satu tari tradisi kreasi milik masyarakat suku Betawi atau Jakarta yang cukup kondang sekarang adalah tari Nandak Ganjen. Artikulasi dari Nandak Ganjen jika diambil berdasarkan nama tarian tersebut adalah berasal dari dua kata yaitu Nandak (dalam bahasa Betawi artinya menari) dan Ganjen (sebuah istilah populer di Jakarta yang berarti genit atau centil). Nandak ganjen pertama kali diciptakan pada tahun 2000 oleh seorang seniman Betawi yang juga putra Betawi asli bernama Sukirman atau akrab disapa Bang Ntong yang sudah malang melintang di kesenian gambang kromong dan topeng Betawi sejak tahun 1970 keseharian Bang Ntong adalah sebagai ketua dari grup musik gambang kromong Ratna Sari sekaligus seorang pemerhati kelestarian kesenian Betawi.
© Copyright 2021 By Fakultas Ilmu Pendidikan - Universitas Muhammadiyah Jakarta. All Rights Reserved.